Senin, 26 Mei 2014

TIPS PINTAR BERBAHASA INGGRIS

Ngomong-ngomong masalah bahasa inggris memang saya bukan ahlinya :) ...nahkan

Tapi tenang dulu saya ada sedikit tips buat pintar berbahasa inggris walaupun saya sebenarnya tidak terlalu pintar dalam berbahasa inggris tapi setidaknya nilai ulangan bahasa inggris engga jelek-jelek amat lah ... :) hihihi


Awalnya saya juga bingung pas mau memposting nih judul, nulis isinya aja harus muter-muter nih otak, apalagi dalam keadaan lagi UAS. . . .tapi InsyaAllah kali ini lebih bermanfaat dan InsyaAllah efektif kalo mau dilakuin terus menerus :)

Nahlo bingungnya keblabasan kan?, sampe-sampe lupa kalo mau ngucapin terimakasih buat kalian semua. Yaudah deh sekarang aja ya ngucapinnya :) :D saya ucapin terimakasih banget buat kalian yang udah berkenan mampir ke blog saya. Semoga setelah mampir ke blog ini nantinya kalian dapet inspirasi yang lebih lagi... Aamiin Ya Rabbal’alaamiin  , oiyaa jangan lupa kalau ada kritik dan sarannya mohon dikirim lewat email isnainsholihah@gmail.com , insyaAllah saya bales kalo ada waktu. Itu juga biar nanti kedepannya saya bisa lebih baik lagi.

Wah, siap-siap dicatet ya langkah-langkahnya :)

1. Menghafal kata demi kata

http://ahlibahasa.wordpress.com/2012/02/23/tips-menghafal-kata/
Yang saya maksud disini bukan menghafal cerita, dialog atau apapun yang berbahasa inggrris, tapi lebih mengarah pada menghafal 1 kata beserta artinyasetiap hari. Dan mungkin ini engga terlalu berat buat kalian menurut saya. Coba deh inget kalo kalian lagi ngafalin pidato atau percakapan,itu kan panjang panjang kaya kereta :D tapi hafal kan? Kalo kalian nganggep ngafalin 1 kata setiap harinya berarti kalian punya penyakit M tuh... yaitu penyakit Mallleessss... hihihi :)

2 . Biasakan mendengar lagu berbahasa inggris 

http://cinamonsani.blogspot.com/2013/03/cara-mendengarkan-musik-yang-baik.html 
ah ini cocok sekali buat kalian yang hobinya nyanyi atau yang berkaitan dengan musik. Tapi banyak juga sii yang nyanyi bahasa inggris tapi engga tau artinya , termasuk saya juga tapi dulu *ekh keceplosan :D , kalo kalian suka yang namanya lagu yang liriknya berbahasa inggris, nah cari juga tuh yang namanya arti dari lagu itu. Ibaratkan sambil berenang minum air , kembung kali yah :D hehehe. Tapi bukan itu maksud saya, maksudnya kita sambil ngelatih vokal sambil juga belajar bahasa inggris. Kan engga tau tuh kalo kalo jadi penyanyi nantinya, pinter bahasa inggris pula... keren kan :)


3 . Biasakan menonton film yang berbahasa inggris

ini adalah film jumper tahun2008
Wah kalo ini engga wajib, masalahnya juga harus disesuaikan dengan kondisi dompet , keliatan kismin banget yaa nih admin :), hihihi jujur dan apa adanya itu lebih baik :D. Mungkin bukan hanya admin juga tapi juga kalian kan? Nahlo ketauan tuh :P , kalo kalian yang kondisi dompet tidak memungkinkan bisa ngeliat filmnya lewat notebook, laptop atau sejenisnya, atau kalo engga punya bisa kalian itu ikut-ikut nonton atau istilahnya nebeng temen kalian buat nonton film bahasa inggris . inget yaa kita kalo masalah uang boleh lah tipis, tapi masalah kreatif dan kepintaran itu wajib dikembangkan, tapi bukan istilahnya manfaatin temen lohh :D . untuk lebih mudah lagi mungkin nonton filmnya harus ada terjemahanyya. Wah bahasa apa tuh film koh ada terjemahannya :/ lah yang pasti ada bahasa indonesianya lah :)

4 . Jangan terbiasa mengandalkan aplikasi translate

http://siliconrepublic.com/new-media/item/21576-google-translate-now-includ
Kenapa saya mengatakan “jangan terbiasa mengandalkan aplikasi penerjemah”? . jawabannya mudah, seringkali kalian menggunakan aplikasi tersebut  sesering itu juga tingkat ketergantungan kalian bertambah. Contoh saja kalian ingin mengerjakan tugas atau apalah yang menurut kalian penting dan berhubungan dengan bahasa inggris, nah justru itu membuat kalian semakin malas dan berfikiran bahwa mentranslate adalah jalan pintas untuk mendapatkan nilai atau hasil yang baik, tanpa adanya usaha dan kerja keras anda sendiri. Semakin malas kalian membuka kamus, semakin sedikit pula kosa kata yang kalian punya. Terus kalo kosa katanya sedikit kapan kalian bisa lancar dan pintar dalam berbahasa inggris coba? Walaupun saya sendiri juga kadang pake penerjemeh sii, tapi kalo itu khusus buat sikon (situasi kondisi) yang lagi genting-gentingnya *alesan nih admin ;) hehehe... tapi beneran deh kalo kalian bisa ngerjain sendiri kenapa harus pake translate? Dan jangan bilang engga bisa ngerjain sebelum kalian mencoba. :D

 5. Bermain game bahasa inggris

Game? Wah pasti kalian jagonya buat nge-game. . . semalam suntuk pun pasti bisa melek tuh mata kalo ada game sama pengganjal perut , hihihi :) . nah kalo kalian suka dan jago buat nge-game, berani engga tuh saya kasih tantangan buat nyoba game dalam bahasa inggris. Tapi sayang banget saya lupa namanya :) soalnya udah kehapus sii :( . . . tapi coba deh game scrabble atau yang lain yang aku lupa namanya. . . tanya aja ke abang google pasti banyak dehh dan bakalan ketemu

Oiya udah selesai tuh tips buat pintar berbahasa inggris, selamat mencoba ya? Oiya kalo udah pinter bahasa inggris boleh ko ngirim inbox ke aku pake bahasa inggris biar nantinya bisa belajar bareng, atau malah bertukar informasi tentang yang lain :) :D


0 komentar:

Posting Komentar