Jumat, 30 Mei 2014

PERTEMUAN 1 : TENTANG MICROSOFT EXCEL

A. Pengertian Microsoft Excel

Microsoft Excel adalah sebuah program aplikasi Spreadsheet yang memungkinkan untuk mengornanisasikan data ke dalam daftar dan kemudian meringkas, membandingkan, dan menyajikan data secara grafis.

B. Manfaat Microsoft Excel

  1. Membuat sebuah laporan keuangan
  2. Membuat daftar nilai
  3. Membuat daftar hadir
  4. Melakukan operasi bagi, kali, rerataan dengan cepat
  5. Menghitung kurs mata uang
  6. Membuat grafik dan tabel dari suatu perhitungan
  7. Membuat diagram batang, garis, dan lingkaran
  8. Membantu dalam menyelesaikan soal-soal logika dan matematika
  9. Membuat presentasi menjadi lebih praktis dan mudah
  10. Menyajikan data secara tepat, rapi dan akurat
  11. Menghitung rata-rata atau nilai maksimum suatu data
  12. Memperhatikan jumlah total suatu variabel
  13. Memanajemen suatu database

C. Cara mengaktifkan


  1. Double klik pada aplikasi Microsoft Excel pada desktop.
  2. Klik kanan pada aplikasi Microsoft Excel pada desktop, lalu pilih Open
  3. Klik kanan pada desktop,Pilih menu New,kemudian klik Microsoft Excel
  4.  
  • Klik menu Start.
  • Kemudian arahkan pada pilihan All Program.
  • Klik Microsoft Office.
  • Klik lembar kerja Microsoft Excel 2007.
  • Sekarang lembar kerja Microsoft Excel sudah siap untuk digunakan.
Catatan : Jika ingin membuka Microsoft Excel yang sudah ada filenya maka dalam windows explorer harus sudah ada file Excel yang pernah dibuat. Yaitu dengan cara :

  1. Klik menu Start
  2. Kemudian arahkan pada pilihan All Program
  3. Klik Windows Explorer
  4. Klik tempat dimana file disimpan
  5. Klik dua kali pada file Excel yang akan dibuka, atau boleh juga dengan klik kanan pada file Excel lalu pilih Open
 

D. Jumlah kolom dan baris pada Microsoft Excel


E. Bentuk-bentuk mouse

F. Komponen-komponen Microsoft Excel 2007

A.  Ikon Menu Control

  • New yaitu perintah untuk menampilkan lembar kerja kosong untuk pengetikan dokumen baru.
  • Open yaitu perintah untuk membuka dokumen Microsoft Excel 2007 yang telah tersimpan.
  • Save yaitu perintah untuk menyimpan file lembar kerja excel yang baru dibuat atau baru diedit.
  • Save as yaitu berisi perintah perintah menyimpan file.
 Apabila tombol Save as di klik, akan menunjukan pilihan-pilihan seperti berikut :

1) 
Yaitu perintah menyimpan file dokumen dalam bentuk file default dan Microsoft Excel 2007.

2) 
Yaitu perintah menyimpan lembar kerja sebagai sebuah template yang dapat digunakan untuk menyimpan lembar kerja ke format lain dan dalam bentuk makro.

3) 
Yaitu perintah menyimpan lembar kerja ke beberapa format dan diyakini dapat diakses dengan mudah. Dan berubah menjadi bilangan binary atau bilangan komputer (1 dan 0 saja)
4) 
Yaitu perintah menyimpan lembar kerja dalam format yang sangat cocok untuk diedit oleh Microsoft Excel 1997 hingga 2003, dengan ekstensi (.xls)
5) 
Yaitu perintah menyimpan format dokumen ke bentuk lain.
6) 
Perintah untuk membuka kotak dialog save as, hingga kita leluasa memilih untuk menyimpan dokumen ke tipe file tertentu.

B.    Quick Access Toolbar.

Quick Access Toolbar ini terletak dipojok kanan atas tepatnya disebelah kiri ikon Menu Control. Setiap tombol dikenali menurut bentuk-bentuk icon gambar yang masing-masing mewakili perintah antara tombol satu dengan tombol lainnya.

C.  Baris Tab

Microsoft Excel 2007 berbeda tampilannya dengan Microsoft Excel sebelumnya. Perbedaannya terletak pada tampilan baris judul pull down menu yang fungsinya berubah menjadi judul tab / baris tab. Pada setiap tab terdiri atas kumpulan toolbar-toolbar.


D.   Size Botton

Untuk mengatur tampilan lembar kerja terdiri dari tiga tombol berikut.
  1.    Minimize: Berfungsi untuk memperkecil jendela Excel 2007 sehingga membentuk icon aktif pada taksbar. Untuk membuka atau menampilkan kembali di layar icon yang berada di taksbar.
  2.    Restore : Berfungsi untuk mengembalikan jendela Excel 2007 kembali ke posisi atau ukuran semula.Tombol Restore ini akan berubah menjadi tombol Maximize .
  3.    Close : Berfungsi untuk menutup jendela Excel 2007 yang aktif atau mengakhiri program aplikasi Excel 2007.


E. Name Book


Merupakan toolbar yang berisi alamat suatu sel.


F. Formula Bar


Adalah tempat untuk menuliskan persamaan atau rumus (fungsi) yang akan ditampilkan dalam sel dan pada bagian ini pula. Pada bagian ini akan tampil tiga ikon.

  1. Cancel : Digunakan untuk membatalkan pengisian sel melalui formula bar.
  2. Enter : Digunakan untuk memasukan teks atau formula pada sel yang ditentukan sebelumnya.
  3. Insert Function : Digunakan untuk menyisipkan fungsi tertentu ke dalam sel.

G. Kolom


Merupakan baris lajur yang berisi abjad A sampai IV (256 kolom, kolom maksimal)

H. Baris


Berisi angka 1 sampai 65536 (jumlah baris maksimal)

I. Scroll Bar


Merupakan bar penggulung yang terdiri atas vertical scroll bar dan horisontal scroll bar.
  1. Vertical scroll bar berfungsi untuk menggulung dokumen keatas atau kebawah.
  2.  Horisontal scroll bar berfungsi untuk menggulung dokumen ke kiri dan ke kanan

J.    Tombol Navigasi Sheet.

Tombol yang digunakan untuk berpindah dari satu sheet ke sheet yang lain.

K. Baris Status


Adalah baris yang berisi keterangan yang menunjukan lembar kerja yang saat itu digunakan atau dikerjakan.

I. Zoom


Merupakan tombol untuk mengatur penampilan layar mengecilkan dan membesarkan lembar kerja dalam layar.


0 komentar:

Posting Komentar